Senin, 16 September 2013

Cyberworld 2020



          Menurut pendapat saya, video yang saya lihat kemarin tentu saja realistis. Kita dapat melihat buktinya dengan flashback 10 tahun yang lalu. Apa yang telah dilakukan pada 10 tahun lalu, tentu sangat berbeda dengan apa yang dapat dilakukan sekarang, apalagi jika kita berbicara dalam waktu 10 tahun ke depan. Pada zaman sekarang ini, perkembangan ilmu teknologi sangat pesat. Kita ambil contoh saja handphone pada zaman 90-an. Pada saat itu, handphone yg ada hanya dapat melakukan telpon dan sms saja, kita bandingkan dengan apa yang dapat dilakukan handphone sekarang. Handphone sekarang memiliki fitur-fitur yang sangat canggih, kamera dan aplikasi-aplikasi lainnya sangat bagus. Handphone sekarang sudah bisa menggantikan peran computer, selain itu handphone juga sudah mengganti peran buku catatan. Melihat apa yang sudah dilakukan sekarang, apa yang ada di video terlihat realistis.
            Jika kita membahas masalah etika, tentu saja terdapat masalah etika pada kemajuan teknologi ini. Contohnya adalah pada saat kita bisa membuang sifat-sifat jelek dari bayi dan menciptakan bayi sesuai dengan kemauan. Memang tidak ada orang tua yang mau anaknya kurang, tetapi hal semacam ini artinya melawan kuasa dan takdir dari Tuhan.
            Manfaat bagi masyarakat tentu saja sangat besar, dengan adanya bantuan dari robot-robot yang ada, maka beban manusia menjadi lebih ringan. Banyak pekerjaan berat yang dapat digantikan oleh robot-robot sehingga manusia dapat lebih berkonsentrasi dengan hal-hal lain yang tentu saja lebih bermanfaat. Namun disamping segala manfaatnya, tentu ada dampak negative dari cyberworld. Ketergantungan manusia pasti adalah hal yang paling terlihat. Manusia menjadi manja dan cenderung mencari hal yang instant. Selain itu, dengan adanya robot-robot maka dunia kerja akan diambil alih oleh robot. Orang yang tidak memiliki keterampilan akan kehilangan pekerjaannya. Selain itu juga, dampak negative dari cyberworld adalah rentannya kejahatan di berbagai bidang. Hacker-hacker akan makin mencari kelemahan dan tentu akan memanfaatkannya untuk keuntungan pribadi.
            Menurut saya, perkembangan teknologi yang signifikan ini akan berdampak positif bagi dunia. Hal-hal berat dapat dilakukan dengan mudah, semakin banyak kemudahan dan memajukan pola pikir masyarakat. Informasi dapat diperoleh dengan mudah dan cepat dan membantu dalam bidang edukasi. Namun tentu saja, semuanya harus dilakukan dalam sebuah aturan. Makin canggih dunia ini, maka aturan harus makin ketat untuk menciptakan kesejahteraan tanpa kecurangan.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Adytia's Blog Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger